Artikel tentang Pembelajaran Manajemen Keuangan Syariah (Best Paper di Seminar Ekonomi Islam, 11-12 Oktober 2014 Kendari )

Artikel ini ditulis oleh saya dan Virginia Nur Rahmanti tentang bagaimana sebenarnya kita sering sekali sekadar mengerudungi suatu hal yang bersifat konvensional/pragmatis dan langsung mengklaim kesyariahannya, tanpa mengindahkan substansi di baliknya.

Hal serupa terjadi pada mata kuliah Manajemen Keuangan Syariah.  Ternyata setelah ditelaah, ditemukan bahwa substansi yang diajarkan pada Manajemen Keuangan Syariah sama dengan apa yang diajarkan di Manajemen Keuangan konvensional (non-syariah); termasuk tentang teknik penghitungan manajemen risiko).  Syariah hanya berkutat pada halal dan non riba (yang gugur pada kebolehan penggunaan metode anuitas),  namun tidak secara substansi membahas konsep keadilan (‘adalah).
 
Silakan baca.  Artikel ini akan direvisi ulang untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah.  Kami membuka masukan 🙂
 
2014_Kamayanti Virginia_Kendari
This entry was posted in Pendidikan Akuntansi, Publikasi Saya, Riset Akuntansi Non Positif and tagged . Bookmark the permalink.

1 Response to Artikel tentang Pembelajaran Manajemen Keuangan Syariah (Best Paper di Seminar Ekonomi Islam, 11-12 Oktober 2014 Kendari )

  1. saya tertarik dengan artikel anda mengenai ekonomi, saya juga mempunya tulisan serupa mengenai ekononi, bisa dilihat
    disini, happy sharing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*